Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Mesin Panas


Melakukan perjalaan siang hari di kota yang terik seperti Jakarta misalnya, tentu harus menggunakan AC. Rasanya sangat mengesalkan ketika perjalanan yang awalnya sejuk dan adem tiba-tiba berubah drastic menjadi panas. Dalam hal ini, AC mobil tidak dingin lagi. Hal ini meerupakan pengalaman kurang menyenangkan yang tidak ingin Anda alami bukan?

Anda tentu akan merasa kesal bukan? Perjalanan yang harusnya menyenangkan berubah menjadi menyebalkan. Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan AC mobil kurang dingin meskipun mesinnya sudah panas. Mulai dari adanya komponen yang memang sudah rusak ataupun yang hanya perlu dibersihkan saja.

Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Mesin Panas

1.       Freon AC Sudah Habis

Penyebab pertama AC mobil bermasalah ketika mesin sudah panas bisa dikarenakan freonnya yang sudah habis. Sebenarnya, Freon ini tidak akan habis ataupun hilang selama belum ada kebocoran dalam sistem AC mobil. Terjadinya kebocoran pada komponen ini bisa dikarenakan pipa yang seal o ring sudah aus karena usia.

Selain itu, bisa jadi karena adanya kerusakan di dalam bagian shaft ataupun relief valve di bagian kompresor AC. Bukan hanya itu saja, adanya kebocoran dibagian lubang selang atau pipa juga menjadi penyebab terjadinya kebocoran pada Freon. Bahkan evaporator yang kropos juga bisa memicu terjadinya kebocoran pada Freon.

2.       Driveblet Putus

Drivebelt merupakan alat yang bertugas menyalurkan putaran mesin dalam kompresor. Terkait dengan hal ini, sudah pasti komponen satu ini menyimpan peranan yang sangat penting dalam mendukung kinerja AC. Oleh karena itu, ketika komponen ini mengalami putus sudah jelas kompresor tidak bisa bekerja atau berputar dengan maksimal. Dan hasilnya sudah bisa diketahui akan membuat sirkulasi udara pada Freon terganggu sehingga ruangan kabin terasa panas.

3.       Kondensor Kotor

Kondensor merupakan bagian penting dalam sebuah kendaraan. Oleh karena itu, selalu perhatikan kondensor kendaraan AC mobil Anda. Keberadaan kondensor yang kotor atau berkarat bisa membuat fungsinya berkurang saat melakukan pembuangan gas dari kompresor. Adanya proses kondensasi yang tidak maksimal ini bisa menjadikan AC mobil kurang nyaman meskipun mesin sudah panas.

4.       Lemahnya Motor Extrafan

Ketika AC menjadi tidak dingin, extrafan merupakan salah satu komponen yang wajib dicek. Cukup mudah untuk mengetahui apakah komponen ini bekerja dengan maksimal atau tidak. Perhatikan ketika AC dinyalakan, apakah bagian depan kondensor berputar atau hanya diam saja.

Adanya kerusakan dalam bagian extrafan ini bisa membuat kondensasi tidak bekerja dengan maksimal. Hal ini berati tidak adanya penurunan suhu pada bagian kondensor akibatnya hawa panas akan masuk dan dirasakan di dalam kabin. Bisa juga adanya extrafan yang masih berputar meskiun dengan kecepatan yang berkurang bahkan terkadang berhenti.

5.       Magnetic Clutch Mengalami Kerusakan

Faktor lain yang bisa membuat AC mobil tidak dingin yaitu adanya kerusakan pada bagian magnetic clutch. Kerusakannya bisa putus, mati ataupun terbakarnya spool magnet sehingga center piece AC tidak terkoneksi dengan maksimal dengan puli dibagian kompresor.

Dengan demikian, maka kompresor tidak bisa berputar serta mengikuti putaran mesin. Hal ini bisa dilihat ketika Ac dihidupkan serta fanbelt ikutan berputar, namun bagian kompresornya tidak bisa berputar dengan baik.

Penyebab AC tidak dingin ternyata cukup banyak. Jika Anda mengalami kejadian tidak mengenakkan seperti di atas, silahkan bawa AC mobil Anda ke service AC mobil dari supercar.id. Untuk alamat lengkapnya bisa langsung di https://supercar.id/service-ac-mobil .

Deskripsi: AC mobil tidak dingin ternyata bisa terjadi karena beberapa penyebab. Berikut ini beberapa oenyebab serta cara ampuh mengatasinya.